USCND dan RSJ Aceh Tandatangani Perjanjian Kerjasama


Banda Aceh - Universitas Sains Cut Nyak Dhien dan Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJA) Tandatangani Perjanjian Kerjasama di Aula Lt.2 Gedung Administrasi RSJA, Senin (01/02/2021).

Turut dihadiri Direktur RSJA, dr. Makhrozal, M.Kes, Rektor USCND, Ns. Edy Mulyadi, M.Kep, RN, WOC, (ET)N, Wakil Direktur Adm dan Umum RSJA, dr. Wahyu Zulfansyah, M.kes, Wakil Direktur Pelayanan, drg. Sarifah Yessi Hediyati, M.Kes, dan Pejabat Struktural RSJA.

Edy mengatakan bahwa RSJA sudah banyak perubahan, sebelumnya saat ingin menandatangani MOU mitra RSJA hanya mengirimkan saja MOU dan ditantangani di tempat masing, tapi saat ini RSJA melakukan penandatanganan MOU langsung di RSJA.

"Kami sangat berkesan, karena sebelumnya saat kami melakukan MOU kepada RSJA, kami hanya mengimkan file MOU dan menandatangani di Tempat masing-masing"

Ia juga sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan RSJA dan berharap kedepan dapat menjalin hubungan baik dengan RSJA.

Dalam sambutannya Makhrozal mengatakan bahwa anak didik yang akan belajar di RSJA dalam masa pandemi COVID-19 harus ada bukti PCR dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan pelayanan di lingkungan RSJA.

Ia juga mengingatkan bahwa Pasal 29 dan 32 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Pasal 26 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Siapa pun tidak boleh mengambil gambar, foto/video/audio di lingkungan RSJA, apabila terpaksa harus mengambil gambar untuk keperluan Laporan, anak didik harus memblur atau menutup wajah pasien.

"Untuk menghindari stikma negatif dan menghindari melanggar Pasal 29 dan 32 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Pasal 26 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) anak didik dilarang mengambil gambar di lingkungan RSJA, kalaupun terpaksa di bagian wajah pasien mohon untuk diblur atau ditutup" Jelas Makhrozal

Pihak RSJA berharap hubungan baik dengan pihak Universitas Sains Cut Nyak Dhien terus terjalin.