Mahasiswa USCND Langsa Napak Tilas ke Makam Cut Nyak Dhien


Mahasiswa Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) Langsa dibawah Pemerintahan Mahasiswa (PEMA), melakukan napak tilas kunjungan sejarah ke makam pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (4/11/2020).

Presiden mahasiswa USCND, Kamalul Razzak kepada wartawan mengatakan, napak tilas ini sebagai wujud kecintaan mahasiswa USCND atas jasa perjuangan almarhumah ketika melawan penjajah dimasa lalu dalam kemerdekaan Negara Indonesia.

“Dalam kunjungan sejarah dengan tema "genap 112 tahun darah dan nyawa ku untuk Indonesia maju"ini, di makam Cut Nyak Dhien nantinya, kami akan membacakan shamadiah, zikir dan doa. Kegiatan ini kami fokuskan pada 6 November 2020 sebagai tanggal bersejarah mangkatnya beliau di Sumedang dulu,” sebut Kamal.

Dijelaskannya, napak tilas ini upaya untuk mengenang jasa perjuangan Cut Nyak Dhien sebagai pahlawan Aceh yang gigih melawan penjajahan Belanda sebelum akhirnya ditangkap dan diasingkan ke Sumedang, Jawa Barat hingga beliau mangkat disana pada 6 November.

Kamal menambahkan, dirinya berharap dari perjalanan yang sangat bermakna ini pihaknya mampu menerapkan nilai-nilai kegigihan Cut Nyak Dhien untuk mempersiapkan diri sebagai sosok intelektual untuk Negara, masyarakat dan agama. “Alhamdulillah perjalanan napak tilas ini kami mulai hari ini," ujarnya.

Sementara itu Rektor USCND, Ns. Edy Mulyadi, M.Kep mengatakan, perwakilan mahasiswa dibawah PEMA yang melakukan napak tilas tersebut bukan sekedar perjalanan tour liburan. Namun lebih dari itu, ini merupakan perjalanan sejarah untuk menziarahi pahlawan dan mengambil berkah dari kemuliannya.

“Semoga sekembalinya nanti dari perjalanan napak tilas ini, kalian dapat menjadi pribadi pemuda Aceh yang lebih heroic dan patriotic sebagaimana heroic dan patriotiknya Cut Nyak Dhien ketika melawan penjajah dimasa lalu,” demikian harap Edy.()