• Puluhan Lansia Ikut Senam Prolanis

    Puluhan Lansia Ikut Senam Prolanis

    23 Februari 2017

    LANGSA—Puluhan orang lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Langsa Lama, mengikuti senam Program Lansia (Prolanis) yang diadakan Dewan Pimpinan Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cut Nyak Dhien Langsa bekerjasama dengan PPNI Kota Langsa dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Cut Nyak Dhien di halaman Puskesmas Langsa Lama, Rabu (18/5)

    Ketua DPK PPNI Cut Nyak Dhien Langsa, Ns. Muhammad Husaini, S.Kep kepada Rakyat Aceh mengatakan, senam Prolanis ini merupakan salah satu upaya menjaga stamina dan kesehatan daya tahan tubuh bagi masyarakat lansia yang tergabung dalam Prolanis.

    “Usia tua atau lanjut usia (Lansia) merupakan usia yang rentan terhadap segala resiko gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Karenanya, memasuki usia tersebut orang tua harus diarahkan pada pola hidup sehat dan berolahraga ringan yang dapat menjaga kesehatan fisik dan psikis tersebut,” sebut Husaini.

    Tambahnya, karenanya dengan moment hari perawat sedunia ini DPK PPNI Cut Nyak Dhien Langsa melakukan upaya kesehatan masyarakat lansia tersebut lewat kegiatan senam Prolanis. Dalam senam ini dibawah arahan pemandu, para lansia ini mengikuti gerakan rileks yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.

    Sementara itu Ketua STIKes Cut Nyak Dhien Langsa, Ns. Edy Mulyadi, M.Kep yang ikut ambil bagian sebagai pemateri edukasi kesehatan bagi lansia usai senam Prolanis menyampaikan, bahwa hidup sehat menjadi penting bagi masyarakat di saat usia lanjut.

    “Terutama menyangkut penyakit Darah Manis (DM) dan Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang umum diidap oleh manusia pada saat usia lanjut. Guna mencegah atau meminimalisir penyakit tersebut, maka perlu memiliki pemahaman tentang kesehatan DM dan hipertensi, juga perlu melakukan senam kaki diabetic sebagai upaya pencegahan,” sebut Edy.

    Pada kesempatan itu Edy juga memberikan apresiasi kepada DPK PPNI Cut Nyak Dhien Langsa yang peduli terhadap kesehatan masyarakat lansia dan mengadakan senam Prolanis bagi para lansia di Langsa Lama. Dia berharap, agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin DPK PPNI Cut Nyak Dhien kedepan. (dai)

KOMENTAR